My Life, My Adventure

Masa-masa itu ada di sini...Hidup Q yang berwarna ada di sini...Terima Kasih, Teman...

Memory...

Minggu, 21 Maret 2010

Survey Industri Penggergajian

Survey industri penggergajian kelompok Q meliputi wilayah kecamatan Medan Deli. Dan ternyata kawasan ini luuuaasss nya minta ampun. Perjalanan ke sana dimulai jam 1 siang. Setelah semua urusan seputar dunia kampus selesai, perjalanan pun dimulai.
Ternyata tempatnya jauh banget. Kami lewat Ring Road, yang asli...Banyak banget debu nya. Puihh...Mata ampe berair, bersin-bersin, kelilipan. Kacau deh pokoknya. Mana panasnya ampun-ampunan. Kulit ampe merah. Harus bersain pula dengan segala jenis truk. Mulai dari truk angkut biasa, truk gandeng, tronton. Wah, debu ma polusi yang dihasilkan dari asap kendaraan ni ngeri banget. Debu terbang kemana-kemana kalau benda ini lewat. Belum lagi asap knalpotnmya yang hitam banget. Sesak napas, mata kelilipan. Komplit deh semua.
Setelah mutar-mutar nggak tentu arah, akhirnya sampai juga di salah satu industri penggergajian skala kecil. Peralatan mereka lumayan lah untuk skala industri kecil. Yang punya industri juga ramah. Enak lh untuk diajak ngobrol dan nyari tau tentang dunia usaha nya. Pada umumnya alat yang ada adalah cicular saw, planner, mesin ketam. Ada beberapa unit sih, cuma tata letak mesinnya kacau habis. Asal diletak aja. Yang penting ada tempat kosong masukkan aja..
Akhirnya kami nemu juga industri skala besar. Mulai dari pengolahan kayu LOG ampe jadi produk papan. Hebatnya lagi mereka juga punya tungku pembakaran limbah yang dimanfaatkan menjadi tenaga lagi. Besar banget. Industri ni sendiri tertletak dalam gang. Herannya masyrakat dis ekita situ kebanyakn kurang tau tentang keberadaan industri ini. Padahal udah skala besar. Memang ngga ada plakat namanya sih. Waktu kami ke sana, eh ternyata mesti pakai surat lagi. Jadilah kami pulang, urus surat dulu baru ntar balek lagi. tapi kayaknya nggak rugi, karena jarang-jarang bisa ngeliat Industri penggergajian skala besar kayak gini. Orang-orangnya juga welcome kok. Malah kemarin langsung ngobrol ama bos besarnya. hehehehehhe..Intelek banget ngomongnya... Jadi rada minder...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar